Term & Condition
Syarat dan Ketentuan
- Selamat datang di website www.nusantarplaza.com. Halaman ini berisi syarat dan ketentuan mengenai pemakaian layanan yang ditawarkan kepada IKM/UKM Indonesia.
- Dengan mendaftar pada layanan yang ditawarkan terkait penggunaan situs www.nusantarplaza.com, silakan membaca Syarat dan Ketentuan ini terlebih dahulu sebelum menggunakan Situs, karena dengan mendaftar, menggunakan, mengakses, dan / atau mengunduh dalam situs ini dianggap telah menerima, memahami, menyetujui, serta sepakat untuk mematuhi semua isi dalam Syarat dan Ketentuan
- Apabila tidak setuju atas Syarat dan Ketentuan ini, dipersilakan untuk tidak melanjutkan penggunaan situs. Apabila tidak mematuhi Syarat dan Ketentuan ini, Kami berhak menghentikan akses layanan dan/atau akun pengguna dan berhak menghapus akun pengguna beserta semua informasi dan/atau file terkait dengan akun yang sudah didaftarkan.
Definisi
- Nusantara Plaza adalah suatu Perusahaan yang didirikan berdasarkan dan tunduk kepada hukum Republik Indonesia, dengan nama PT. NUSA DANATA MAHALOKA, yang mempunyai bisnis utama menyediakan layanan Web Portal, yakni situs menyediakan platform untuk perantara pertemuan antara Penjual dan Pembeli secara online khusus untuk IKM / UKM Indonesia. Situs yang dimaksud adalah website www.nusantarplaza.com.
- Pengguna adalah setiap pihak yang menggunakan Layanan, termasuk Pengelola Sentra, Penjuan, Pembeli ataupun pihak lain yang berkunjung.
- Pengelola Sentra, adalah Petugas yang ditunjuk oleh PT. NUSA DANATA MAHALOKA yang di tempatkan di Wilayah, Komunitas, Asosiasi yang menaungi Produsen dan / atau Penjual, bertugas ngumpulkan data, mengolah data, dan menggunggah data ke Web Portal.
- Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan penawaran atas Barang kepada Pengguna Situs.
- Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pemintaan atas Barang kepada Pengguna Situs
- Layanan adalah informasi, fungsi-fungsi bisnis yang disediakan dalam Situs.
Pengguna
- Pengguna wajib mengisi data pribadi secara akurat, lengkap dan benar dalam profil Pengguna, sesuai dengan peraturan yang berlaku.
- Pengguna wajib menjaga data pribadi miliknya dari kehilangan / kerusakan, termasuk tetapi tidak terbatas pada upaya mencegah agar data pribadi miliknya tidak disalahgunakan oleh pihak lain.
- Pengguna bertanggungjawab atas keamanan akun, termasuk dengan penggunaan e-mail dan password akun.
- Pengguna dilarang untuk memalsukan informasi diri sendiri untuk diberikan ke Nusantara Plaza atau pemakai lainnya yang berhubungan dengan penggunaan layanan.
- Pengguna sepakat untuk tidak menggunakan Situs ini untuk melanggar hukum, atau untuk penyalahgunaan informasi kepemilikan atau informasi milik orang lain untuk tujuan pribadi atau lainnya, dan tidak mengirim pesan-pesan yang mengancam atau memfitnah atau jenis perusakan lainnya yang mengarah ke keamanan, bisnis, atau reputasi lainnya.
- Pengguna wajib tunduk dan patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku serta hukum yang berlaku di Republik Indonesia serta tunduk dan patuh pada Syarat dan Ketentuan Umum dan Kebijakan Privasi. Segala tindakan yang bertentangan, melanggar, tidak sesuai termasuk tidak terbatas pada ketidakpatuhan pada peraturan perundang-undangan menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.
Daftar Barang dan Jasa.
- Nusantara Plaza dalam pelaksanaan Situsnya selalu berupaya untuk tetap dalam norma dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berkenaan dengan hal tersebut, terdapat daftar barang dan jasa yang dilarang untuk diperjualbelikan di Nusantaramall.
- Makanan dan / atau minuman beralkohol, produk rokok, palsu, terlarang atau tidak terdaftar di BPOM.
- Narkotika, obat-obatan, maupun produk kimia terlarang dan / atau tidak terdaftar.
- Produk kosmetik yang tidak terdaftar di bawah sertifikat Halal dan mengandung bahan-bahan terlarang.
- Barang-barang pasar gelap (black market), barang KW, imitasi, super premium, barang replika, barang bajakan, dan / atau benda-benda yang melanggar hak kekayaan intelektual milik pihak lain.
- Barang tanpa Standar Nasional Indonesia, sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 72/M-DAG/PER/9/2015 tentang Standardisasi Jasa Bidang Perdagangan dan Pengawasan Standar Nasional Indonesia (SNI) Wajib terhadap Barang dan Jasa yang Diperdagangkan.
- Barang tanpa Label dalam Bahasa Indonesia, sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 73/M-DAG/PER/9/2015 tentang Kewajiban Pencantuman Label dalam Bahasa Indonesia pada Barang.
- Produk telematika dan elektronika tanpa Petunjuk Penggunaan (Manual) yang didaftarkan dan kartu jaminan/Garansi Purna Jual dalam Bahasa Indonesia, sebagaimana dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 19/M-DAG/PER/5/2009).
- Barang dan/atau jasa lain yang dilarang untuk diperjualbelikan secara bebas berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
Penataan Etalase
- Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak tebatas pada informasi IKM/UKM dan informasi Produk) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs Nusantar Plaza.
- Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.
- Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi IKM/UKM dan/atau Produk) selain / diluar daripada keterangan IKM/UKM dan/atau Produk yang bersangkutan.
- Penamaan Produk harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Produk, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama dan / atau kata yang tidak berkaitan dengan Produk tersebut.
- Kodifikasi Produk (PLU) akan diatur sesuai ketentuan struktur kode Produk yang kami tetapkan.
- Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Produk yang memiliki warna, ukuran, dan harga yang berbeda.
- Penjual khusus memperdagangkan jasa, atau Barang non-fisik akan menggunakan perlakuan khusus yang akan kami atur.
- Batasan harga maksimal satuan untuk Barang yang dapat ditawarkan adalah Rp.50.000.000,-
Harga
- Harga Produk yang terdapat dalam situs Nusantara Plaza adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga Produk dengan cara apapun.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs Nusantara Plazal dikarenakan browser / ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Produk yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Produk yang dilakukan oleh pembeli.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Nusantara Plaza.
- Dengan melakukan pemesanan melalui Nusantara Plazal, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga Produk, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
- Situs Nusantara Plazal untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Produk dalam mata uang Rupiah.
Komisi
Sistem komisi untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui Rekening Resmi Nusantara Plaza akan diatur dalam MOU antara Penjual dengan Nusantara Plaza.
Tarif Pengiriman
- Pembeli memahami dan mengerti bahwa Nusantara Plazal telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun Nusantara Plaza tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.
- Karena itu Nusantara Plazal menyarankan kepada Penjual untuk agar dapat dibandingkan dengan tarif Pengiriman yang dibebankan oleh Jasa Pengirman setempat. Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada kami melalui menu contact us dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat kami telusuri lebih lanjut.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Produk adalah di luar tanggung jawab Nusantara Plaza, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Produk.
Transaksi Pembelian
- Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Nusantara Plazal. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian NusantaraMall akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem NusantaraMall telah selesai.
- Saat melakukan pembelian Produk, Pembeli menyetujui bahwa:
- Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi / deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas
pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
- Pembeli mengakui bahwa tampilan produk warna, ukuran sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs Nusantara Plaza.
- NusantaraMall telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan muncul seakurat mungkin.
- Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu Produk.
- Nusantara Plazal tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan Produk merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Produk tersebut.
- Terkait ketersediaan Produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan sediaan Produk kosong, maka penjual akan menolak pesanan, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
- Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi Nusantara Plaza dan / atau tanpa sepengetahuan Nusantara Plazal (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs NusantaraMall atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
- Nusantara Plazal memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, NusantaraMall memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
- Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh Nusantara PLaza.
- Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Produk, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli. NusantaraMall memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" dalam situs agen ekspedisi, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Peoduk. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Produk secara otomatis oleh sistem Nusantara Plaza.
- Setelah adanya konfirmasi penerimaan Produk atau konfirmasi penerimaan Produk otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi Nusantara Plaza akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Produk adalah bukan menjadi tanggung jawab NusantaraMall. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Produk menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Produk yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Tokopedia adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
- Pengembalian dana dari NusantaraMall kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini
- Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Produk,
- Masalah pengiriman Produk telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai,
- Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan sediaan, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
- Penjual sudah menyanggupi pengiriman pesanan Produk, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Produk hingga batas
waktu yang telah ditentukan.
- Apabila terjadi proses pengembalian dana dari Nusantara Plaza maka Saldo Nusantara Plazal milik Pengguna akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
- Transaksi hanya dapat dibatalkan sebelum Pembeli melakukan konfirmasi pembayaran dan disampaikan secara resmi kepada Nusantara Plazal melalui metode yang tersedia, kecuali dalam kondisi adanya pembatalan dari pihak Penjual.
- Nusantara Plazal berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan NusantaraMall adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
- Apabila Pembeli memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka kode unik akan dikembalikan ke Saldo Nusantara Plazal Pembeli.
- Nusantara Plaza memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi "terkirim" apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 10 hari sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal barang pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut diatas, Tokopedia memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan :
- Konfirmasi penerimaan barang atau
- Komplain. Jika dalam jangka waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan barang atau komplain apapun dari Pembeli, maka Nusantara Plaza memiliki
kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan
barang dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera
pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.
Perubahan Sarat dan Ketentuan
Syarat dan ketentuan dapat diubah dan / atau diperbaharui tanpa pemberitahuan sebelumnya. Penggunaan Situs akan dianggap merupakan penerimaan Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Kami menganjurkan Anda untuk mengecek halaman ini secara berkala untuk mengetahui setiap perubahan yang Kami buat.
Perubahan Situs
Tampilan Situs dan / atau Layanan dapat diperbaharui dan diubah oleh Nisantara SME setiap saat, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Pengguna.
Hukum yang berlaku
Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, dan Pengguna sepakat untuk terikat pada yurisdiksi hukum Republik Indonesia. Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan, Para Pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat.